Masihkah Bisa Disebut Formula 1 ?.

Peluncuran mobil F1 baru tahun ini diselenggarakan lebih sederhana. Tidak ada lagi acara-acara mewah seperti tahun-tahun sebelumnya. Semua serba minimalis. Demikian juga tampilan bodi mobil juga jadi serba minimalis. Kembali seperti saa tahun 90an dimana bodi mobilmobil F1 mulus tidak banyak komponen sayap-sayap kecil disana-sini meliuk-liuk mengikuti kontur bodi mobil. Bahkan barge board pun tahun ini dilarang. Wujud penampakan modi mobil F1 jadi lebih sederhana. Bahkan bung Azrul Ananda (apa kabar cak ?) dalam komentarnya di harian Jawa Pos menilai mobil BMW Sauber F1.09 jadi lebih mirip dengan mobil formula BMW atau formula lain yang setara, menilai dari perpaduan warna mobil dengan desiannya. Sepertinya sya setuju dengan pendapat bung Azrul saat melihat mobil-mobil F1 yang telah diluncurkan hingga hari ini. Para desiner mobil itu pastilah mengerjakan desain mobil-mobil tahun ini dari kertas kosong. dari file yang benar-bener baru. Yang tidak kita ketahui apakah mereka jadi bis lebih sedikit santai atau justru lebih keras memeras otaknya untuk menghasilkan mobil yang sesuai dengan batasan regulasi FIA. Apalagi tahun 2010, mesin-mesin mobil F1 akan diseragamkan dengan satu sumber sebagai suplier mesin.
Lalu apa kemudian yang akan membuat F1 masih berada di puncak piramida balap mobil open wheeler ?. KERS ?. Selain sebagai isu efisiensi, penggunaan energi sebagai hasil sistim tersebut juga telah dimiliki oleh mobil-mobil A1 melalui turbo boost.
Bagaimanapun adanya wujud penampakan mobil mereka, hal yang masih membuat kita harus merasa bahwa ini masih lomba balap formula satu adalah , masih adanya nama-nama FernandoAlonso, Kimi Raikonen, Lewis Hamilton, Felipe Massa, Sebastian Vettel...

0 komentar:

Posting Komentar

  • Mung Bisnis