Review Uji Coba Moto GP hari I & II

Dua penantang utama perebutan Moto GP tahun 2009, Valentino Rossi dan Casey Stoner, benar-benar menunjukkan kelasnya sebagai rider-rider sejati meski keduanya sedang dibekap cedera. Valentino Rossi terluka jari tangan dan kakinya harus dijahit karena pecahan meja kaca di rumahnya sendiri sebelum keberangkatannya ke Sepang untuk uji coba. Sedangkan Casey Stoner setelah operasi pergelangan tangan kirinya 3 bulan yang lalu, sampai saat ini masih mengeluhkan rasa sakit pada pergelangannya terutama pada saat harus mengerem keras dan pada tikungan pertama sirkuit Sepang. Kawasaki tidak ikut uji coba di sirkuit Sepang. Mungkin saat ini masih dalam proses negosiasi antara pabrikan Kawasaki dengan calon pemilik barunya untuk bisa turun penuh di musim kejuaraan 2009. Berikut saya sajikan review per tim.


DUCATI MARLBORO TEAM


Meskipun masih mengeluhkan sakit di pergelangan tangannya, secara keseluruhan Stoner puas dengan performa motor Ducati Desmo yang menurutnya kini punya torsi lebih baik sehingga bisa lebih cepat tarikannya saat keluar dari tikungan-tikungan lambat. Ducati sendiri melakukan perubahan terutama pada sasis motor agar lebih ringan dan lebih lincah. Pada hari pertama uji cobanya, Stoner tidak bisa secara konsisten mencetak dan memperbaiki waktu per-lap dikarenakan kondisinya tersebut. Stoner mengaku mampu bisa konsentrasi hanya pada 4/5 putaran saja dari keseluruhan lap uji cobanya pada hari I kemarin dengan menggunakan ban yang lebih keras dari dua pilihan jenis kompon yang dibawa supplier ban Bridgestone. Kesuksesannya mencatat waktu tercepat sekaligus menumbangkan rekor pole position dan lap tercepat sirkuit Sepang, dicapai dengan pilihan jenis kompon yang lebih lunak. Sementara Nicky Hayden masih berusaha melakukan penyesuaian diri dengan karakter mesin Desmo, sasis dan ban sekaligus juga penyesuaian dengan seluruh anggota team. Hayden yang menggunakan ban Michelin saat bergabung dengan Repsol Honda tahun lalu, cukup puas dengan konsistensi yang ditunjukkan selama 35 lap oleh ban Bridgestone yang membalut pelek Desmonya. Cukup sulit juga baginya untuk menggeber motor secara maksimal dengan kompon keras. Perpaduan ban keras dengan tenaga liar Ducati Desmo, membuat bagian belakang motornya menjadi liar dan tidak stabil. Tetapi tampaknya Hayden lebih bisa menghandel tenaga Ducati Desmo dibandingkan dengan Marco Melandri yang tampak seperti seorang rookie pada tahun 2008. Padahal pada tahun 2005-2006, meskipun di sebuah tim satelit, Melandri beberapa kali mampu bertarung head to head melawan Valentino Rossi di beberapa seri kejuaraan tahun itu dan mencuri 5 kemenangan dan 14 podium antara rentang waktu tahun tersebut.


Repsol Honda

Daniel Pedrosa tampaknya hanya sekedar menjalankan kewajibannya untuk sesi uji coba di Sepang ini. Setelah menjalankan simulasi lomba dan merasa tidak ada masalah dengan semua sistim pada motor, Pedrosa langsung kembali ke Spanyol untuk menghindari resiko cedera pada lututnya setelah operasi bulan Desember kemarin. Diatas motor yang sama, Andrea Dovisioso memimpin rekan-rekan rookie-nya di daftar waktu tercepat hari I dan hari II. Dovizioso adalah rookie yang berpotensial akan membuat Pedrosa tidak bisa tidur tenang musim ini.


Suzuki

Yang mengejutkan adalah penampilan Team Suzuki yang pada hari I kemarin. Meskipun masih menuntut power lebih dari motornya, Loris Capirossi mampu menjadi yang tercepat sekaligus menumbangkan rekor lap tercepat yang dicatat oleh Valentino Rossi pada balapan tahun lalu. Suzuki bisa dianggap kompetitif karena Chris Vermeulen sendiri menduduki posisi ke empat sebelum catatan waktunya digeser Daniel Pedrosa pada hari kedua. Motor Suzuki GSV-R800 tampaknya menunjukkan performa yang cukup menjanjikan untuk musim balap tahun 2009 ini. Motor ini pula yang akan menjadi penantang dalam perebutan gelar melawan ketiga tim pabrikan lain dan tidak hanya jadi penggembira yang hanya mampu mencuri podium atau menang dalam kondisi tidak ideal akibat banyaknya kecelakaan atau perubahan cuaca. Kita pasti ingin menyaksikan keempat pabrikan bersaing ketat pada setiap seri balapan.


Fiat Yamaha

Valentino Rossi yang sempat jatuh saat sesi uji coba masih belum nyaman dengan keadaan luka atau cedera yang dideritanya. Mengeluh masih belum cukup fit untuk menggeber motor secara maksimal setelah istirahat selama 3 bulan. Tetapi Rossi adalah Rossi. Di atas sadel YZR-M1 dia bekerja keras untuk mengetes sistim elektronik baru pada motor yang membantu akselerasi. Dan diakhir sesi hari I Rossi sempat melakukan 'duel' kecil-kecilan dengan Loris Capirossi sepanjang 2 lap. Tampaknya dia sangat menikmati 'duel' tersebut yang akhirnya 'dimenangkan' oleh Capirossi. Jorge Lorenzo sendiri masih berusaha beradaptasi dengan mesin dan ban Bridgestone karena musim lalu dia memakai Michelin. Lorenzo tidak ikut mencoba mesin baru saat sesi uji coba di Jerez musim lalu. Lorenzo merasa belum menemukan setelan motor yang tepat untuk ban Bridgestone walaupun Lorenzo sendiri sudah mencoba untuk mengubah gaya mengemudinya.

0 komentar:

Posting Komentar

  • Mung Bisnis